Senin, 13 Agustus 2012

Ustadz Seleb



Penceramah Islam sebaiknya berlatar belakang dosen ilmu tentang Islam. Kompetensinya bisa diuji & cenderung selalu belajar. Penceramah Islam yg tak punya latar belakang dosen, sangat mungkin refrensinya terbatas & belum tentu paham bahasa Qur'an & hadits (Arab). Ilmu agama itu ilmu yang bisa dipelajari, ada metodenya, ada universitasnya, bukan ujug2 baca Qur'an terjemahan & shalat lgs bisa ceramah. Kira2 penceramah-penceramah yang sudah jadi ustadz seleb di TV itu, menghabiskan berapa buku per minggu ya? Gak kebayang, jika ada penceramah di TV yang tiap hari ngomong di depan umat tapi refrensi bacaan / ilmunya tidak bertambah. Atau jika ada penceramah-penceramah dengan latar belakang ilmu sekuler lain selain ilmu tentang Islam, bagaimana kompetensi mereka? Penceramah-penceramah dengan kompetensi meragukan berpotensi "sotoy" dan dapat menyesatkan pendengarnya. Apakah kita akan meminta pendapat hukum kepada seorang dokter? Gitu juga, apa kita akan minta pendapat ttg agama ke seorang insinyur? Kita sudah belajar kan, betapa beresikonya jika seorang penyanyi dangdut berceramah agama di depan umat?  Di dunia hukum, dahulu dikenal pengacara pokrol bambu. Tanpa kompetensi ilmu hukum yang jelas, mereka membela orang di depan pengadilan. Pengacara pokrol bambu hanya bermodal bisa bahasa Belanda, jago debat, tanpa paham asas2 & kaidah2 hukum, lalu membela orang di pengadilan. Betul, ada anjuran "sampaikanlah walau 1 ayat", tapi mbok ya sadar dengan kompetensi, bahwa 1 ayat pun bisa punya banyak tafsir. Gw kasih tahu elu 1 pasal dari KUHP, terus elu mau beri pendapat hukum & membela orang di depan pengadilan tanpa tau asas2 & kaidah2 hukum? Benar juga klo niat kita hanya ingin mengajak pada kebaikan, tapi klo gak kompeten, cukup disampaikan secara personal di kalangan terbatas saja. Sekali lagi, ilmu tentang Islam itu ilmu yg kompleks, hanya modal bisa mengeja Qur'an & membaca buku2 terjemahan tentang Islam lalu ceramah. Akan sangat berbahaya bagi yang mendengarnya. Apalagi beberapa penceramah dg kompetensi diragukan cenderung melindungi diri dg jargon (ayat yang dia ambil dari kitab suci ). .. "Menurut Qur'an" "menurut Islam" padahal yg dikatakannya hanyalah interpretasinya terhadap Qur'an / hadist. Pemahaman umat tentang Islam beresiko sempit & fanatik krn mengira apa yg dikatakan penceramah2 inkompeten = kata2 Allah. Padahal penceramah2 tersebut sama sekali tidak mendapat lisensi / surat kuasa dari Allah untuk menjadi juru bicaraNya. IMO, perlu diadakan semacam standarisasi & lisensi tertentu untuk penceramah di ruang-ruang publik seperti TV, masjid dll. Uji kompetensi untuk para penceramah bisa berupa kemampuan bahasa Arab, hafalan hadits / Qur'an, ujian soal kaidah2 fiqh dll. Resikonya mungkin perlu adanya standarisasi honor ceramah, tapi daripada harus membayar honor jutaan rupiah utk penceramah yg inkompeten? Dengan standarisasi & lisensi, penceramah yang isi ceramahnya berisi hate speech, misoginis misalnya, bisa dicabut lisensinya, yang distandarisasi kompetensi dasarnya aja bang, kyk kemampuan bahasa Arab, hafalan ayat Qur'an & hadits bkn interpretasinya. Sebetulnya penceramah2 yg inkompeten bisa terseleksi lewat mekanisme pasar. Artinya penceramah2 inkompeten seharusnya ditinggalkan audience. Masalahnya, ukuran yang dipakai dlm masyarakat kita, cenderung bukan ukuran kompetensi, tapi kemasan yg dipakai penceramah2 tersebut. Contohnya, yang laris bukan penceramah yang paham bahasa Arab, kaidah fiqh tapi yg laris malahan penceramah yg jenaka. Hasilnya kita hanya mempopulerkan "penceramah2 seleb" dibandingkan penceramah agama yg punya kemampuan. Penceramah yg ideal menurut gw, adalah orang yg doyan baca buku & bikin tulisan bukan penceramah yg doyan muncul di acara gosip selebritis. Buat sementara sih, klo denger ceramah dari orang yg kompetensinya meragukan, cukup didengarkan saja gak perlu dianggap terlalu serius. Mendengarkan ceramah dari orang yg gak berlatar belakang ilmu agama memadai anggep aja spt mendengar pendapat hukum dari seorang dokter. Sekali lagi, ilmu agama itu bisa dipelajari, ada metodenya bisa diuji seperti ilmu2 lainnya. Ilmu agama bukan ilmu ghaib yg pasti benar. Mau jadi ahli agama Islam yg kompeten? Masuk pesantren, belajar bahasa Arab, kuliah di UIN / Al Azhar Mesir hingga S3 misalnya. Jadi ahli agama Islam tidak cukup hanya dengan mengeja Al Qur'an tanpa paham bahasa Arab, rajin puasa & rajin shalat. Ini bukan ilmu ghaib. Dan jangan sekali-sekali terpukau, bahwa jika ada orang yg hafal beberapa ayat, rajin shalat, rajin puasa, jidat item pastilah ia ahli agama. – Pradhana Adimukti - , twitter:@Pradhana_Adi

Sabtu, 28 Juli 2012

Raden Ngabehi Ranggawarsita (Diskusi di teater Salihara 28 Juli 2012 bersama Ki Herman Sinung Janutama)


RADEN NGABEHI RONGGOWARSITO

Islam bercorak mistis telah menjadi satu kekhasan di bumi nusantara. Kesuksesan Islam sebagai agama penebar kedamaian telah berhasil membaur dengan kebudayaan lokal  dimana mereka telah bersenyawa menjadikan sebuah kebudayaan yg indah. Kita bisa lihat kekhasan budaya Islam di Aceh, Padang, Makassar, Sunda, Mataram dll. Salah satunya adalah Eyang Ronggowarsito yang melahirkan ajaran filsafat hidup orang Jawa yaitu berbakti kepada sesama manusia dan memperindah jagad yang sudah indah ini. Raden Ngabehi Ronggowarsito hidup di kesunanan Surakarta, ia dianggap pujangga besar Jawa yang terakhir di tanah Jawa.

Raden:
Pemahaman kita tentang kata Raden adalah identik dengan Feodalisme, akan tetapi arti kata Raden yang sebenarnya adalah berasal dari kata rahadian atau roh-adi-an. Roh=ruh, adi=luhur, mulia. Jadi kata Raden ini berarti setara dengan radin= rasa, perasaan. Bisa juga mengacu kepada Radya= negeri, keraton, pemangku negeri. Gelar umum bagi para bangsawan Jawa (Nusantara) ini dulunya berarti pemangku negeri yang mencapai keluhuran ruhani dan kemuliaan akhlak. Bahkan juga berarti telah mencapai ketajaman perasaan dan kelembutan hati nurani.
Gelar Raden dahulu nya adalah menunjuk kepada kewajiban para pemangku negeri yakni para bangsawan atau pangeran di tanah Jawa yang memiliki komitmen moral dan spiritual. Sedemikian rupa sehingga mereka proporsional dalam memposisikan diri sebagai panutan moral, akhlak dan budi pekerti bagi masyarakatnya

Ngabehi:
Kata Ngabehi pada gelar Raden Ngabehi secara langsung menunjukkan posisi yang bersangkutan sebagai tokoh sesepuh atau orang yang dituakan di keraton (sultan atau susunan). Sebagai contoh gelar kebangsawanan pada mendiang GBPH Sandiya (Pangeran Samber Nyawa dr Mlangi yang berperang melawan Kumpeni selama 16 thn). GBPH kepanjangan dari Gusti Bendhara Pangeran Hangabehi. Beliau diposisikan sebagai sesepuh , kakak, atau saudara tua oleh mendiang Sri Sultan Hamenku Buwana I (1755-1812). Selain Raden Ngabehi (dianggap kakak) ada pula Raden Harya (dianggap adik, saudara muda) oleh keraton. Sebagai contoh gelar GBPH pada adik-adik Sri Sultan HB X ( dinobatkan 1989) yakni Gusti Yadiningrat atau Gusti Jayakusuma, GBPH pada gelar ini adalah kepanjangan dari Gusti Benhara Pangeran Harya.

Ronggowarsito:
Nama aslinya adalah Bagus Burham. Sewaktu muda Burham terkenal nakal dan gemar judi. Ia dikirim kakeknya untuk berguru agama Islam pada Kyai Imam Besari pemimpin Pesantren Gebang Tinatar di desa Tegalsari (Ponorogo). Pada mulanya ia tetap saja bandel, bahkan sampai kabur ke Madiun. Setelah kembali ke Ponorogo, konon, ia mendapat "pencerahan" di Sungai Kedungwatu, sehingga berubah menjadi pemuda alim yang pandai mengaji.
Ketika pulang ke Surakarta, Burham diambil sebagai cucu angkat Panembahan Buminoto (adik Pakubuwana IV). Ia kemudian diangkat sebagai Carik Kadipaten Anom bergelar Mas Pajanganom tanggal 28 Oktober 1819.

Silsilah Keturunan:

Kakek buyut Mas Burhan adalah Pengeran Wijil dari lingkungan ulama Kadilangu, Demak Bintara. Beliau adalah pelestari Kitab Jayabaya Kidung, dengan menuliskannya kembali dari tradisi lisan. Ayah Pangeran Wijil adalah Tumenggung Tirtawiguna, kakeknya adalah Tumenggung Sujanapura seorang pujangga dari Kraton Panjang. Tumenggung Sujanapura adalah adalah Putra dari Panembahan Tejowulan dari Jogorogo.. Panembahan Tejowulan adalah putra dari  Raden Arya Pamekas. Raden Arya Pamekas adalah putra dari Raden Patah (Bagus Kasan, Pangeran Jimbun). Dan Raden Patah adalah putra dari Prabu Brawijaya V (Sultan Terakhir Majapahit).

Keturunan dari Pangeran Wijil adalah Raden Ngabehi Yasadipura I (Pujangga Keraton Surakarta Hadiningrat era Kanjeng Susuhunan Pakubuwana IV), memiliki putra Raden Ngabehi Yasadipura II (Ayah Ronggowarsito). Walaupun pujangga di lingkungan keraton, Yasadipura II adalah seorang senopati tempur era Perang Jawa (1825-1830). Beliau memimpin pertempuran di wilayah timur pesisir utara Jawa dengan gelar Raden Tumenggung Sastranegara. Sesuai pertempuran, Tumenggung Sastranegara tertangkap oleh Kumpeni dan dihukum mati di Batavia. Beliau dimakamkan dengan nama kecilnya yakni Sayyid Abubakar di kompleks pemakaman keramat Luar Batang, Jakarta.
Inilah keikhlasan Mas Burhan yang tidak menggunakan nama Raden Ngabehi Yasadipura III, akan tetapi menggunakan nama Raden Ngabehi Ronggowarsito. Nama Ranggawarsita berasal dari kata Rangga=senopati, panglima pertempuran. Warsita= wacana, wejangan, pengetahuan hidup. Berarti Mas Burhan (R.Ng. Ranggawarsita)  telah mengganti strategi perangnya melawan kumpeni dari perang senjata menjadi perang ilmu. Hal ini bersamaan dengan bangkitnya semangat menuliskan kembali peninggalan dan pengetahuan Jawa.

 Patung Rangga Warsita di depan Museum Radya Pustaka, Surakarta 
Perlawanan lisan ini diikuti pula oleh pemimpin tanah Jawa untuk mengirimkan ulama-cendikianya ke sekolah-sekolah di mancanegara. Kraton Ngayogyakarta dan Surakarta Hadiningrat mengirim ke sekolah di Mekkah (Agama) dan Netherland (Iptek). Strategi ini dicium oleh kumpeni dan mereka memecah belah dengan mendirikan sekolah-sekolah untuk masyarakat (walaupun hanya sekolah rendah untuk pribumi dan lulusannya pun hanya diarahkan untuk menjadi pegawai negeri ataupun pegawai  administrasi rendahan di lingkungan kumpeni).

Kumpeni menembak mati R.Ng Ranggawarsita karen terlalu dianggap berbahaya bagi kolonialisme. Maka sang Panglima peperangan ilmu Jawa itu gugur pada 24 Desember 1873. Beliau mengikuti jejak ayah dan leluhurnya sebagai rangga (komandan pertempuran). R. Ng. Ranggawarsita dimakamkan di desa Palar Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Makamnya diziarahi oleh 2 presiden Indonesia ketika menjabat yaitu Presiden Soekarno dan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

1.       Pamundhut hingsun mring sira
             Santana lan kawula kabeh hiki
 Hambak taler Jawa tuhu
 Tan hala haprayuga
 Gayuh suprih yem tentrem hayuning srawung
 Wajib netepana warah
 Waruking agama suci
               
             Nasehatku untuk kalian
 Kerabat dan rakyat semuanya ini
 Yang telah ditakdirkan menjadi orang Jawa (Nusantara)
 Tidak buruk, bukan utama
 Menciptakan terwujudnya ketentraman kehidupan sesama
 Wajib menetapi ajaran
 Petunjuk agama suci

2.       Narendra miwah pujangga
Wali lan pandhita jatine kaki
Karsaning Kang Maha Agung
Gunggunging Islam – Jawa
Marmane langgengna tunggal loro hiku
Ja-hana hingkang tinggal Jawa
Lan ja-hana hadoh agami

Para raja dan para pujangga
Sesungguhnya para wali dan ulama anakku
Atas Kehendak Yang Maha Agung
Agunglah Islam-Jawa
Karena itu lestarikan dwitunggal itu
Jangan sampai ada yang semata Jawa
Dan jangan sampai ada yang menjauhi agama

3.     Tinulis sajroning Qur’an
Hantepana dadya laku ban hari
Miwah waguning kadhatun
Tindakna klawan takwa
Wit kang mangkana sira jeneng geguru
Ratu habudaya Jawa
Wali panuntun agami

Yang telah tertulis di dalam Al-Quran
Mantapkanlah menjadi perilaku sehari-hari
Demi indahnya sebuah pemerintahan
Jalankanlah dengan takwa
Karenanya hendaklah engkau berguru
Para raja yang berbudaya Jawa
Juga adalah para wali penuntun agama.





Sabtu, 07 Juli 2012

Surat Raden Saleh


Raden Saleh

“Dua kutub yang saling bertentangan, namun keduanya cerah dan ramah, seperti kekuatan sihir sakti yang mempengaruhi jiwaku. Disana, taman firdaus masa kecilku di bawah terik matahari  dan keluasan Samudra Hindia yang gemuruh, tempat tinggal orang-orang yang kucintai, dan tempat abu nenek moyangku bersemayam. Disini, Eropa, negara-negara yang paling beruntung, tempat kesenian dan pendidikan tinggi berkilau bagai intan permata, yang memikat gairah masa mudaku, dapat kutemukan lebih banyak dibanding kampung halamanku, dimana aku begitu bahagia, diantara sahabat-sahabat  baikku, sebagai pengganti ayah, ibu, dan saudariku, - hatiku terbagi untuk keduanya. Semua itu mendorongku memberi persembahan sebagi wujud terimakasih dan kasih sayangku kepada keduanya. Aku percaya, tak dapat berbuat lebih baik daripada menceritakan kepada sahabatku disini, di tengah kebersahajaan adat istiadat dan kebahagiaan suatu bangsa dimana aku dilahirkan, kukisahkan untuk para sahabat tercinta kekagumanku terhadap Eropa dan kedaulatan akal budi manusia. Bahasa yang kugunakan bukanlah ilmu pengetahuan yang mutlak dan bukan hal yang berlebihan, melainkan lebih merupakan ungkapan sederhana bagaikan dari hati seorang bocah yang murni. Tentu para sahabatku dapat mengerti dan menghargai.” -Raden Saleh-


RADEN SALEH SYARIF BUSTAMAN (1814 -1880) Aristocrat, Painter, Scientist



Pendahuluan
Sebagai orang Indonesia, pasti tidak akan asing dengan nama-nama seperti Raden Saleh, Basuki Abdullah, Affandi dll sebagai maestro seni lukis, atau minimal pernah melihat satu kali lukisan hasil karya nama-nama tersebut. Dilihat dari tahun lukisannya, nama Raden Saleh  bisa dikatakan sebagai awal seni lukis modern Indonesia. Selain sebagai maestro lukis, Raden Saleh ternyata menyimpan “warisan” yang tak ternilai bagi bangsa Indonesia, karena selain ilmuwan, bangsawan, dan maestro, dia pun menyimpan kontroversi yg menentukan arah pemikiran kebangsaan Indonesia. Raden Saleh adalah satu-satunya pelukis pribumi Hindia Belanda yang menjadi “Pelukis Sang Raja”.
Raden Saleh lahir di Terboyo Semarang, Jawa Tengah. Ayahnya bernama Sayid Husen bin Alwi bin Awal. Ibunya bernama Mas Ajeng Zarip Husen. Keduanya merupakan cucu dari Kyai Ngabehi Kertoboso Bustam (1681-1759)., seorang asisten Residen Terboyo dan pendiri keluarga besar Bustaman yang menghasilkan para residen, patih, dan anggota kelas priyayi Bustaman. Raden Saleh menghabiskan masa kecilnya di kediaman Kyai Adipati Soero Menggolo, Bupati Semarang diTerboyo. Sang bupati adalah pamannya, karena Suro adalah putra dari anak ketujuh kakek buyut Raden Saleh, yaitu Kyai Ngabehi Kertosobo Bustam. Sang Bupati adalah seorang pamong yang berpengetahuan luas dan berpikiran maju. Dia merupakan anggota perkumpulan kecil yang eksklusif, yaitu Javaansch Weldadig Genootschap (masyarakat filantropi) yang didirikan thn 1816. Pada tahun 1822, masyarakat ini memiliki 21 anggota yang terdiri dari pejabat tinggi Belanda, termasuk Baron van der Capellen yang saat itu menjadi Gubernur Jendral Hindia Belanda_dan istrinya. Baron van der Capellen bertindak sebagai pelindung masyarakat secara ex-officio. Anggota lainnya adalah para pemuka agama, para pengusaha, dan tiga orang pribumi yaitu Panembahan Noto Kusumo dari Sumenep, Bupati  Adimenggolo dari Semarang dan Raden Mas Saleh. Presiden perkumpulan ini adalah Pendeta Katolik Roma Phillipus Wedding, sementara sekretarisnya adalah J. van den Vinne, seorang inspektur sekolah dan anggota komisi pendidikan untuk Batavia dan wilayah sekitarnya. Sepertinya kegiatan sang bupati mendorong minat keponakannya pada seni lukis kebudayaan eropa.
Tidak jelas kapan Raden Saleh meninggalkan Semarang menuju Jawa Barat, yang pasti bakatnya tercium oleh Antonie Auguste Joseph Paijen (1792-1860) seorang pelukis berkebangsaan Belgia. Paijen tiba di Batavia thn 1817 dan mengenali kemampuan artistic bocah tsb. Dengan persetujuan keluarga Raden Saleh, dia membawa sang bocah ke Cianjur yang pada saat itu merupakan Keresidenan Priangan. Residen Cianjur adalah saudara muda Gubernur Jendral Baron van der Capellen yaitu Letnan Kolonel Jonkher Robert Lieve Jasper van der Capellen. Dia membuka sekolah kecil yang diperuntukkan untuk anak-anak pribumi. Sekolah itu bertempat di gedung yang biasa digunakan para umat Kristiani dari Ambon. Residen yang berpikiran liberal ini juga mengangkat seorang Haji untuk menjadi Kepala Sekolahnya. Tujuannya jelas: untuk menarik dukungan keluarga pribumi. Pelajaran di sekolah ini adalah baca tulis Melayu menggunakan aksara Jawa dan Romawi, Arab juga aritmetika dasar. Paijen memasukkan Raden Saleh ke sekolah ini dikarenakan di Cianjur hanya sekolah ini lah yang ada. Selama bersekolah di Cianjur, Raden Saleh kecil  tinggal di Bogor bersama Paijen dimana Paijen bertugas pada C.G.C Reinwardt  (Direktur Pertanian, Seni dan Ilmu) juga sebagai pelukis seni pemerintah. Reinwardt sendiri adalah pendiri Kebun Raya Botani Bogor yang sangat termasyur. Dari Paijen lah kemampuan Raden Saleh kecil terpupuk, karena Paijen sering mengajarkan cara menggambar dan melukis. Bahkan Raden Saleh kecil terbiasa melihat bahkan membuat gambar dan litho dari berbagai obyek-obyek alami pesanan penelitian professor Reinwardt. Entah dari Residen Cianjur ataui dari Paijen, bakat luar biasa Raden Saleh ini terdengar sampai Gubernur Jendral Godert Alexander Gerard Phillip Baron van der Capellen (1778-1848). Baron van der Capellen adalah seorang bangsawan yang berorientasi ilmiah dan negarawan dan sangat tertarik untuk mempromosikan pengkajian tentang bahasa-bahasa dan kebudayaan pribumi. Bakat seni Raden Saleh menarik perhatian J.Ch. Baud (mantan sekretaris jendral Baron van der Capellen). Baud pernah mengirim surat kepada Gubernur Jendral J van den Bosch mengenai pelukis muda berbakat ini. Ketika Paijen kembali ke Eropa awal tahun 1825, Raden Saleh pindah ke Batavia dan menjadi bagian dari keluarga berkebangsaan Belgia  Jean Baptiste de Linge dan istrinya Colette Therese Verrue. De Linge adalah akuntan keuangan pada Direktorat Keuangan. Dan ketika de Linge melakukan tugas ke Belanda, Raden Saleh pun ikut ke Belanda dgn menggunakan kapal Pieter en Karel.
Besar kemungkinan perjalanan Raden Saleh ke Belanda biayanya ditanggung oleh organisasi Javaansch Weldagig Genootschap dimana paman Raden salah Kyai Adipati Suero Adimenggolo adalah salah seorang anggotanya. Juga Sekjen organisasi ini adalah J. van der Vinne juga Baron van der Capellen masih menjabat sebagai anggota organisasi mengelola masyarakat ini. Ketika de Linge dijadwalkan kembali ke Batavia, Raden Saleh meminta izin untuk tinggal lebih lama di Belanda, dia ingin belajar lebih banyak di negeri kincir angin tersebut. Surat beasiswa ditujukan kepada Menteri Pekerjaan Air, Industri Nasional dan Urusan Koloni Mr.G.G Clifford. Clifford menulis memorandum kepada Raja William I dari Netherlands Utara  dan menyarankan Raja untuk mengijinkan Raden Saleh tinggal selama dua tahun dengan biaya sebesar F 4000. Biaya tersebut diambil dari kas koloni. Raja William I sepakat dengan saran sang Menteri, ia menyetujui anggaran dana yang diajukan untuk pendidikan Raden Saleh. Maka Raden Saleh menjadi “anak negara” yang diawasi langsung oleh Jean Chretien Baud (1789-1895) Direktur Urusan Koloni Hindia Timur. Baud adalah pria yang memiliki keluarga besar dan sangat perhatian kepada bakat Raden Saleh…..

Selasa, 27 Maret 2012

THE GIRL WITH THE DRAGON TATTO

Lisbeth Salander (Rooney Mara)

Kisah Lisbeth Salander adalah hasil adaptasi dari buku bestseller Trilogi Millenium karya Stieg Larrson :
1.    The Girl With The Dragon Tatto
2.    The Girl Who Played With Fire
3.    The Girl Who Kicked The Hornet’s Nest
Cerita berawal dari gadis kecil yang anti social, tidak pernah peduli dengan lingkungan sekitarnya, pecandu rokok, berdandan a-la punk, akan tetapi dia memiliki etiket sendiri tentang nilai-nilai. Tidak ada orang yang peduli terhadap Salander, kecuali satu orang pengacara pengasuhnya Holger Palmgreen. Pengasuhnya inilah yang menemukan “keistimewaan” Salander sehingga mempromosikan Salander kepada Dragan Armansky, direktur Milton Security yg bergerak dalam bidang jasa investigasi swasta. Dan ternyata, Salander menjadi penyelidik nomor satu di Milton Security karena memiliki kemampuan fotografis luar biasa, kemampuan hacker juga kemampuan analisis yang sangat jitu.
Berawal dari Armansky inilah suatu saat Salander diberikan “tugas khusus” memata-matai Mickael “Kalle” Blomkvist. Seorang wartawan idealis (yang mungkin tinggal satu2nya di Swedia) yang terlibat kasus berat karena menyelidiki Hans Erik Wennerstorm. Seorang taipan yang sangat disegani akan tetapi menurut Blomkvist dia adalah seorang analis financial yang korup. Salander berhasil memata-matai Blomkvist, mengikuti persidangannya (Blomkvist kalah di persidangan dan diancam harus masuk penjara selama 3 bulan, meretas computer Blomkvist (juga Wennerstorm), menyimpan kamera pengintai di kediaman keduanya, bahkan mampu meretas rekening bank masing2 dan kesimpulan Salander adalah bahwa Blomkvist adalah wartawan yang jujur. Hasil analisa Salander ini lah yang menjadi data Armansky untuk merekomendasikan Salander kepada Dirch Frode (Pengacara Henrik Vanger), pemilik Vanger Corporation yang juga sebuah perusahaan raksasa Swedia.
Dirch Frode kaget luar biasa ketika Armansky menyodorkan gadis punk, berkelakuan “seenaknya”, bahkan mengacuhkan Frode, akan tetapi Armansky meyakinkan Frode bahwa Salander adalah penyelidik nomor satu Milton Security. Akhirnya dari Salander inilah Frode memiliki “data” Blomkvist. Hendrik Vanger selalu mengikuti berita tentang Blomkvist dari TV dan media cetak dan memiliki kesimpulan bahwa Blomkvist adalah wartawan yang cakap, idealis, memiliki kemampuan investigasi, dan jujur. Setelah mengetahui integritas Blomkvist, Frode menghubungi Blomkvist via telp bahwa klien nya memiliki masalah yang berat dan membutuhkan bantuan Blomkvist.
poster film
Singkat cerita, Blomkvist bertemu dengan Hendrik Vanger di kediamannya (di sebuah pulau miliknya). Hendrik bercerita bahwa dia tidak memiliki istri dan anak, dia adalah pemimpin perusahaan Vanger Corporation yang juga dimiliki oleh keluarga Vanger yang menurut Henrik adalah keluarga bajingan dan serakah. Akan tetapi Hendrik memiliki keponakan perempuan yang sangat disayang bernama Harriet Vanger. Harriet adalah anak yang pintar dan sejak kecil Hendrik melihat masa depan Vanger Corporation di dalam diri Harriet. Akan tetapi Harriet hilang 40 tahun yang lalu dan kesimpulan Hendrik, Harriet dibunuh di pulau itu. Setiap tahun, ketika ulang tahun Hendrik, pembunuh Harriet selalu memberikan lukisan bunga dalam bingkai (Lokasi pengirimannya dari seluruh kota2 di dunia, berarti pembunuh itu berkeliaran keliling dunia). Bingkai bunga tersebut dikumpulkan dalam sebuah ruangan dan ketika mengikuti berita Blomkvist di TV, Hendrik menghitung jumlahnya bingkai lukisan bunganya ternyata sudah 40 buah! Dan selama 40 tahun pula, hidup Hendrik tersiksa sesuai keinginan si pembunuh dan juga Hendrik bilang hidupnya didedikasikan untuk mencari Harriet walaupun hasilnya nihil dan menghubungi Blomkvist mungkin adalah usaha terakhir Hendrik dalam mencari Harriet,Hendrik selalu berkeyakinan  seandainya Harriet mati dimana kuburannya, seandainya Harriet masih hidup, dimana sekarang Harriet berada?. Hendrik memberikan dana financial yang besar kepada Blomkvist untuk penelitian Harriet, sumber informasi yang tak terbatas dari Vanger Corporation. Seandainya Harriet tidak ketemu juga Hendrik akan menerima, karena Hendrik menganggap mungkin inilah salah satu usaha terakhirnya ditambah Hendrik sudah tua dan sakit-sakitan. Ditambah bonus tambahan “akhir tahun”, Hendrik akan memberikan data Wennerstorm, karena Wannerstorm memulai usaha bisnisnya adalah ketika menjadi pegawai magang di Vanger Corporation.
Bagaimana hubungan dan keterlibatan Michael Blomkvist & Lisbeth Salander? Berhasilkah Harriet Vanger ditemukan? Siapakah pembunuhnya? Bagaimana “pertempuran” Blomkvist dan Wennerstorm? Siapakah pemenangnya? Siapakah sebenarnya Lisbeth Salander? Pertanyaan tersebut bisa terjawab dalam buku Trilogi Millenium.
NB: Menurutku, cerita ttg Lisbeth Salander yg difilmkan Hollywood dibandingkan dengan yang versi Swedia, lebih mendekati dengan detail bukunya. Juga pemeran Lisbeth Salandernya (Rooney Mara)......\ *pemeran Salander versi Swedia Noomi Repace juga bermain di film box office Hollywood*

Kamis, 22 Desember 2011

Kang Jalal


JIKA ORANG TINGGI MENCAPAI PENGERTIAN, IA AKAN RENDAH HATI 

JIKA ORANG RENDAH MENCAPAI PENGERTIAN  IA AKAN TINGGI HATI

Ali Ibn Abi Thalib a.s


Kang Jalal
Di sebuah masjid kampung, seorang pemuda kota ikut bershalat Jumat. Setelah azan pertama, semua orang berdiri untuk melakukan shalat qabla Jumat, kecuali dia. Ia duduk mematung. Ia merasa semua orang memandangnya dengan pandangan permusuhan. Ketika hatinya resah, ia teringat sabda Nabi SAW: “ Akan datang padamu suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya sama dengan memegang bara api. Jika ia lepaskan, bara itu akan padam.”. Keresahannya berkurang. Ia sedang berjuang untuk menegakkan Sunnah Nabi SAW. Ia tidak mau bergabung Shalat Qabla Jumat, yang dipandangnya sebagai bid’ah. Lebih baik hatinya bergolak pada hari ini ketimbang mendidih dalam api neraka pada hari Akhirat.
Panas hatinya ternyata bukan hari itu saja. Ia dimusuhi penduduk kampung. Ia tidak diizinkan memberikan pengajian. Ia pernah diturunkan dari mimbar hanya karena mengajak orang kembali kepada Al-Quran dan Sunnah. Ia makin yakin bahwa ia ditakdirkan Tuhan untuk menjadi pejuang penegak  Sunnah. Ia harus melawan semua permusuhan itu dengan tabah. Ia yakin pada akhirnya ia akan menang karena dia berada di pihak yang benar.
Dengan keyakinan seperti itu, ia masuk kedalam pengajian pertama di sebuah mesjid, di pinggiran Kota Bandung. Semula mesjid itu hanya diisi untuk shalat berjamaah. Berkat kehadiran seorang kiai dari Jawa Timur, pada setiap malam Jumat, penduduk kampung memenuhi mesjid. Tidak lama kemudian, dengan pimpinan kiai itu, terdengar gemuruh bacaan shalawat. Ia menggigit bibirnya. Begitu pula, ketika ditengah-tengah shalawat, pemuda itu diam. Ia tidak ikut bahkan walaupun hanya sekedar mengumamkan shalawat. Juga ketika semua orang berdiri, ia duduk membeku. Ia tahan perasaan tiddak enak karena menyimpang dari perilaku kelompok. Ia masih memegang bara. Inilah resiko “al-ghuraba” (orang-orang yang terasing). Bukankah Nabi SAW bersabda: “ Islam pertama kali datang sebagai sesuatu yang asing dan akan datang lagi sebagai sesuatu yang asing. Berbahagialah orang-orang yang asing; yakni mereka yang menghidupkan Sunnahku ketika orang-orang mematikannya
Kesabarannya berakhir ketika kiai sudah memberikan ceramah. Banyak hal yang disampaikan kiai itu didasarkan kepada TBC (takhayul,bid’ah,churafat) –ejaan lama untuk khurafat. Ia menginterupsinya berkali-kali. Ia meminta kiai itu untuk menunjukkan dalil-dalil dari Alquran dan hadis. Karena interupsi2nya, pengajian berubah menjadi hiruk pikuk. Karena merasa dilecehkan, kiai itu keluar dari masjid diikuti oleh pengikutnya. Pengajian itu bubar sebelum waktunya. Hampir-hampir saja tokoh kita ini (pemuda itu) dikeroyok oleh orang-orang beramai-ramai. Ia pun sudah memperhitungkannya. Sekiranya ia terbunuh karena amar-ma’ruf-nahi-munkarnya, ia mencapai cita-cita nya yang paling agung: Mati syahid!
Waktu itu ia tidak sendirian. Ada rekan-rekannya yang mempunyai keyakinan yang sama. Bersama mereka, akhinya ia berhasil “merebut” masjid itu. Azan awal pada shalat Jumat dihilangkan. Azan hanya dikumandangkan ketika khatib berdiri di mimbar. Usai azan, khatib langsung berkutbah sehingga tidak tersedia peluang bagi jamaah untuk melakukan shalat qabla Jumat. Dan pemuda itu menjadi khatib tetap di masjid itu. Sebagai catatan tambahan, perlu diberitahukan bahwa setelah masjid itu berganti pengurus, shalat Jumat hanya dihadiri tiga shaf saja. Hampir-hampir terjadi perkelahian massal untuk memperebutkan masjid, kalau saja bukan karena ketakutan warga kepada seorang perwira TNI yang mendukung pemuda tersebut.
            Tentara tidak selalu mendukungnya. Sekali waktu ia diinterogasi tentara di kantor Bakorstanasda, sebuah lembaga di luar konstitusi yang mempunyai hak mencabut kebebasan, dan juga nyawa warga negara. Ia dituduh bergabung dengan gerakan teror Warman. Tuduhan itu memang keliru. Ia tidak memiliki hubungan apapun dengan gerakan Warman. Tetapi ia sering memberikan ceramah yang dipandang ekstrem. Di berbagai mesjid di Bandung. Ia mengajak kaum muslim untuk menegakkan Syariat Islam, dengan demikian semua masalah yang dihadapi bangsa dapat segera diselesaikan. “Jika kamu menolong Allah, Allah akan menolong kamu” adalah ayat Alquran yang sering dia kutip. “ Barangsiapa yang tidak berhukum dengan hukum Allah, ia termasuk orang yang kafir, zalim,fasiq!” adalah kalimat yang sering disampaikannya, sebagai paraphrase dari ujung ayat-ayat Al_Maidah 44,45,47.  


TIGAPULUH TAHUN KEMUDIAN……..


Ia sudah tidak jadi pemuda lagi. Ia sudah berusia lebih dari setengah abad. Beberapa lembar uban sudah mulai tampak di kepalanya. Ia sudah punya cucu, yang sering dibanggakannya di tempat-tempat yang kadang-kadang tidak relevan. Ketika shalat Jumat dimanapun, jika semua orang berdiri melaksanakan shalat qabla Jumat, Ia akan berdiri juga. Ia bukan saja berdiri ketika mambaca shalawat. Ia juga menyebarkan shalawat kemana-mana. Ketika ibunya meninggal dunia, ia menyelenggarakan tahlilan. Sebelumnya, dengan air mata yang dibiarkannya terus mengalir, ia membacakan talqin di atas pusaranya. Apa yang di masa mudanya dianggap bid’ah, sekarang dikerjakannya dengan sepenuh hati. Dan….mengejutkan banyak kawannya, ia tidak setuju dengan amandemen yang ingin memasukkan “dengan kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi pemeluknya”. Ia juga tidak setuju dengan pembentukan Negara Islam yang dulu menjadi mimpi besarnya. Dengan ukuran masa mudanya, ia sekarang sudah jauh “tersesat”. Sebagian kawannya sekarang menganggapnya begitu. Jafar Umar Thalib, tokoh Islam garis keras menyebutnya sebagai agen neoimperialisme yang akan menghancurkan umat Islam, agen Zionis yang dilatih Yahudi.
Gerakan “setan” manakah yang memasuki tokoh kita ini? Ia memang telah berubah dalam banyak hal: tubuhnya,usianya, status sosialnya, pendidikan, kawan bergaulnya. Tapi perubahan-perubahan itu bukanlah yang mengubah dia  menjadi dia yang sekarang. Mahzabnya boleh saja sudah berubah. Tapi bukan Mahzab itu yang mengantarnya pada posisi sekarang. Agamanya masih tetap Islam; tetapi caranya memandang Islam sudah berubah. Yang berubah adalah paradigma keber-agama-annya.
- Kang Jalal –

DAHULUKAN AKHLAK DIATAS FIKIH, Jalaluddin Rakhmat, Penerbit Mizan,Bandung, 2007, hal 33-36

Jumat, 30 September 2011

KEADILAN DAN DAN REKONSILIASI


Minggu lalu di bilangan Kramat V, Jakarta, penulis meresmikan sebuah panti jompo milik sebuah yayasan yang dipimpin oleh orang2 eks tapol dan napol, kasarnya orang-orang Partai Komunis Indonesia yang sudah dibubarkan. Mereka mendirikan sebuah panti jompo di gedung bekas Gerakan Wanita Indonesia yang dianggap sebagai perempuan PKI.
Peresmian yang diminta mereka secara apa adanya pada pagi yang cerah itu disaksikan antara lain oleh S.K Trimurti, salah seorang pejuang kemerdekaan kita. Ini penulis lakukan karena solidaritas terhadap nasib mereka, yang sampai sekarang masih mengalami tekanan-tekanan dan kehilangan segala-galanya. Puluhan ribu atau mungkin ratusan ribu orang dipenjarakan kerena mereka dituduh “terlibat” dan bahkan memimpin Partai Komunis Indonesia (PKI). Banyak yang meninggal dunia dalam keadaan sangat menyedihkan, sedangkan yang masih hidup banyak yang tidak memiliki hak-hak politik sama sekali, termasuk hak memilih dalam pemilihan umum. Rumah-rumah dan harta benda mereka dirampas. Sementara stigma (cap) mereka adalah penghianat bangsa tetap melekat pada diri mereka hingga saat ini.
Dipimpin oleh dr. Tjiptaning Proletariati, mereka membentuk Pakorba (Paguyuban Korban Orde Baru) yang memiliki cabang dimana-mana, walhasil gerakan mereka berskala nasional. Namun karena perikemanusiaan jugalah penulis mempunyai solidaritas yang kuat dengan mereka, seperti halnya solidaritas penulis kepada mantan anak buah Kartosuwiryo, yang disebut DI/TII (Darul Islam dan Tentara Nasional Indonesia).
Pada waktu turut “berkuasa”, PKI pernah berturut-turut memberikan cap pemberontak secara keseluruhan kepada (mantan) orang-orang DI/TII itu. Penulis pernah menyebutkan dalam sebuah tulisan bahwa orang orang itu tadinya direkrut oleh Kartosuwiryo dengan menggunakan nama DI/TII tersebut karena diperintahkan oleh Panglima Besar Jendral Soedirman. Perekrutan dilaksanakan guna menghindari kekosongan di daerah Jawa Barat, yang ditinggalkan TNI untik kembali ke Jawa Tengah (kawasan RI) akibat perjanjian Renville yang mengharuskan terjadinya hal itu.
Seorang pembaca menyanggah “catatan” penulis itu karena di matanya tak mungkin Kartosuwiryo menjadi “penasihat” militer Jendral Soedirman. Pembaca itu tidak tahu bahwa penasihat politik Jendral Soedirman adalah ayah penulis sendiri K.H. A. Wahid Hasyim. Karena itu simpati penulis kepada mereka juga tidak kalah besarnya kepada mantan orang-orang PKI.
Disini penulis ingin menekankan kepada konflik-konflik bersenjata di masa lampau dapat dianggap selesai, apapun alasannya, karena kita sekarang sudah kuat sebagai bangsa tidak usah menakuti kelompok manapun. Justru keadilan yang harus kita tegakkan, sebagai persyaratan utama sebuah proses demokratisasi. Kita adalah bangsa yang besar dengan 205 juta penduduk lebih saat ini. Kita harus mampu menegakkan keadilan dan tidak “menghukum” mereka yang tidak bersalah.
Seperti pembelaan (pledoi) Amrozi di muka Pengadilan bahwa ia merakit bom kecil saja, sedangkan ada orang lain di balik pengeboman Bali itu dengan bom yang lebih besar yang membunuh lebih dari 200 jiwa. Pernyataan Amrozi ini seharusnya mendorong kita untuk memeriksa “pengakuan” tersebut. Namun hal ini tidak dilakukan. Karena itu, hingga saat ini kita tetap tidak tahu adalah pendapat Amrozi itu fakta atau tidak. Demikian juga, kita tetap tidak tahu siapa yang meledakkan bom di Hotel Marriot Jakarta beberapa waktu kemudian.
Begitu banyak rahasia menyelimuti masa lampau kita sehingga tidak layak jika kita bersikap congkak dengan menganggap diri kita benar dan orang lain salah. Diperlukan kerendahan hati untuk melihat semua yang terjadi itu dalam perspektif kemanusiaan, bukannya secara ideologis saja. Maka sudah tentu akan sangat mudah bagi kita menganggap diri kita sendiri benar dan orang lain bersalah. Ini bertentangan dengan hakikat kehidupan bangsa kita yang demikian beragam. Ke bhinekaan atau keragaman justru menunjukan kekayaan kita sangat besar. Karena itu, kita tidak boleh menyalahkan siapa-siapa atas kemelut yang masih menghinggapi kehidupan bangsa kita saat ini.
Sebagai contoh dapat dikemukakan Abu Bakar Ba’asyir yang dianggap “biang kerok” terorisme di negeri kita saat ini. Pengadilan pun lalu menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara, yang sekarang sedang dijalaninya di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang di Jakarta Timur. Memang pengadilan menetapkan ia bersalah, tapi kepastian sejarah belum kita ketahui, mengingat data-data yang “tidak-pasti” (unreliable) digunakan dalam mengambil keputusan.
Ini juga terjadi karena memang pengadilan-pengadilan kita memang penuh “mafia-peradilan”, maka kita tidak dapat diyakinkan oleh “kepastian hukum” yang dihasilkannya. Seperti hal nya kasus Akbar Tandjung, dengan jelas keputusan Mahkamah Agung terus “diragukan” apapun bunyi keputusan itu. Tidak heran lah, sekarang kita mengalami “kelesuan” dalam penegakaan kedaulatan hukum. Inilah rahasia mengapa tidak ada investasi dari luar negeri karena langkanya kepastian hukum tadi.
***
Sebuah kasus lain cukup menarik untuk dikemukakan disini. Kiai Mahfud Sumalangu (Kebumen) adalah pahlawan yang memerangi bala tentara pendudukan Belanda di Banyumas Selatan. Ketika kabinet Hatta memutuskan “rasionalisasi” TNI atas usulan Jendral Besar AH Nasution, antara lain berupa ketentuan bahwa komandan batalyon TNI haruslah berijazah dan ijazah hanya dibatasi pada keluaran beberapa lembaga pendidikan saja (tidak termasuk pesantren), maka Kiai kita itu tidak diperkenankan menjadi Komandan Batalyon di Purworedjo. Sebagai gantinya diangkat perwira muda bernama A Yani. Akibatnya Kiai kita itu mendirikan Angkatan Umat Islam (AUI) yang kemudian dinyatakan oleh A. Yani sebagai pemberontak. Peristiwa tragis ini terjadi pada awal-awal tahun 1950-an, namun bekasnya yang pahit masih tersisa sampai hari ini.
Hal-hal seperti ini masih banyak terjadi/terdapat di negeri kita dewasa ini. Karenanya, kita masih harus memiliki kelapangan dada untuk dapat menerima kehadiran pihak-pihak lain yang tidak sepaham dengan kita. Termasuk didalamnya orang-orang mantan narapidana politik (napol) dan tahanan politik (tapol) PKI, yang kebanyakan bukan orang yang benar-benar memahami betul ideologi mereka itu. Karena itulah penulis tidak pernah menganggap, baik orang-orang PKI maupun orang-orang DI/TII sebagai “lawan yang harus diwaspadai”.
Penulis justru beranggapan bahwa orang-orang mantan PKI itu sekarang sedang mencari Tuhan dalam kehidupan mereka karena apa yang saat ini mereka anggap sebagai “kezaliman-kezaliman”, justru pernah mereka lakukan saat “berkuasa”. Sekarang mereka berpegang pada keyakinan yang mereka miliki yang tidak bertentangan dengan undang-undang dasar. Kalau kita juga menggunakan cara itu, berarti kita sudah turut menegakkan keadilan.
Jelaslah dari uraian di atas, bahwa yang kita perlukan adalah sebuah rekonsiliasi nasional, setelah pengadilan memberikan keputusan “yang adil” bagi semua pihak. Kalau “konglomerat hitam” dapat diberi status Release and Discharge (bebas dari segala tuntutan), mengapakah kita tidak dapat melakukan hal seperti itu pada orang-orang mantan PKI dan DI/TII.
Jadi pengertian dan rekonsiliasi yang benar adalah pertama mangharuskan adanya pemeriksaan tuntas oleh pihak pengadilan, kalau bukti-bukti yang jelas masih dapat dicari. Disinilah letak keadilan yang harus ditegakkan di Bumi Nusantara. Sebuah tekad untuk memeriksa kasus-kasus yang terjadi di depan mata kita dalam lima belas tahun terakhir ini justru meminta kepada kita agar “melupakan” apa yang terjadi 40-50 tahun yang lalu. Baru kemudian diumumkan pengampunan setelah vonis pengadilan dikeluarkan.
Kedengarannya mudah dilakukan, namun dalam kenyataan sulit dilaksanakan bukan?
K.H Abdurrahman Wahid, Keadilan & Rekonsiliasi, Kompas, Sabtu, 14-02-2004

Kamis, 25 Agustus 2011


'You've got to find what you love,' Jobs says

This is a prepared text of the Commencement address delivered by Steve Jobs, CEO of Apple Computer and of Pixar Animation Studios, on June 12, 2005.

I am honored to be with you today at your commencement from one of the finest universities in the world. I never graduated from college. Truth be told, this is the closest I've ever gotten to a college graduation. Today I want to tell you three stories from my life. That's it. No big deal. Just three stories.

The first story is about connecting the dots.

I dropped out of Reed College after the first 6 months, but then stayed around as a drop-in for another 18 months or so before I really quit. So why did I drop out?

It started before I was born. My biological mother was a young, unwed college graduate student, and she decided to put me up for adoption. She felt very strongly that I should be adopted by college graduates, so everything was all set for me to be adopted at birth by a lawyer and his wife. Except that when I popped out they decided at the last minute that they really wanted a girl. So my parents, who were on a waiting list, got a call in the middle of the night asking: "We have an unexpected baby boy; do you want him?" They said: "Of course." My biological mother later found out that my mother had never graduated from college and that my father had never graduated from high school. She refused to sign the final adoption papers. She only relented a few months later when my parents promised that I would someday go to college.

And 17 years later I did go to college. But I naively chose a college that was almost as expensive as Stanford, and all of my working-class parents' savings were being spent on my college tuition. After six months, I couldn't see the value in it. I had no idea what I wanted to do with my life and no idea how college was going to help me figure it out. And here I was spending all of the money my parents had saved their entire life. So I decided to drop out and trust that it would all work out OK. It was pretty scary at the time, but looking back it was one of the best decisions I ever made. The minute I dropped out I could stop taking the required classes that didn't interest me, and begin dropping in on the ones that looked interesting.

It wasn't all romantic. I didn't have a dorm room, so I slept on the floor in friends' rooms, I returned coke bottles for the 5¢ deposits to buy food with, and I would walk the 7 miles across town every Sunday night to get one good meal a week at the Hare Krishna temple. I loved it. And much of what I stumbled into by following my curiosity and intuition turned out to be priceless later on. Let me give you one example:

Reed College at that time offered perhaps the best calligraphy instruction in the country. Throughout the campus every poster, every label on every drawer, was beautifully hand calligraphed. Because I had dropped out and didn't have to take the normal classes, I decided to take a calligraphy class to learn how to do this. I learned about serif and san serif typefaces, about varying the amount of space between different letter combinations, about what makes great typography great. It was beautiful, historical, artistically subtle in a way that science can't capture, and I found it fascinating.

None of this had even a hope of any practical application in my life. But ten years later, when we were designing the first Macintosh computer, it all came back to me. And we designed it all into the Mac. It was the first computer with beautiful typography. If I had never dropped in on that single course in college, the Mac would have never had multiple typefaces or proportionally spaced fonts. And since Windows just copied the Mac, it's likely that no personal computer would have them. If I had never dropped out, I would have never dropped in on this calligraphy class, and personal computers might not have the wonderful typography that they do. Of course it was impossible to connect the dots looking forward when I was in college. But it was very, very clear looking backwards ten years later.

Again, you can't connect the dots looking forward; you can only connect them looking backwards. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future. You have to trust in something — your gut, destiny, life, karma, whatever. This approach has never let me down, and it has made all the difference in my life.

My second story is about love and loss.

I was lucky — I found what I loved to do early in life. Woz and I started Apple in my parents garage when I was 20. We worked hard, and in 10 years Apple had grown from just the two of us in a garage into a $2 billion company with over 4000 employees. We had just released our finest creation — the Macintosh — a year earlier, and I had just turned 30. And then I got fired. How can you get fired from a company you started? Well, as Apple grew we hired someone who I thought was very talented to run the company with me, and for the first year or so things went well. But then our visions of the future began to diverge and eventually we had a falling out. When we did, our Board of Directors sided with him. So at 30 I was out. And very publicly out. What had been the focus of my entire adult life was gone, and it was devastating.

I really didn't know what to do for a few months. I felt that I had let the previous generation of entrepreneurs down - that I had dropped the baton as it was being passed to me. I met with David Packard and Bob Noyce and tried to apologize for screwing up so badly. I was a very public failure, and I even thought about running away from the valley. But something slowly began to dawn on me — I still loved what I did. The turn of events at Apple had not changed that one bit. I had been rejected, but I was still in love. And so I decided to start over.

I didn't see it then, but it turned out that getting fired from Apple was the best thing that could have ever happened to me. The heaviness of being successful was replaced by the lightness of being a beginner again, less sure about everything. It freed me to enter one of the most creative periods of my life.

During the next five years, I started a company named NeXT, another company named Pixar, and fell in love with an amazing woman who would become my wife. Pixar went on to create the worlds first computer animated feature film, Toy Story, and is now the most successful animation studio in the world. In a remarkable turn of events, Apple bought NeXT, I returned to Apple, and the technology we developed at NeXT is at the heart of Apple's current renaissance. And Laurene and I have a wonderful family together.

I'm pretty sure none of this would have happened if I hadn't been fired from Apple. It was awful tasting medicine, but I guess the patient needed it. Sometimes life hits you in the head with a brick. Don't lose faith. I'm convinced that the only thing that kept me going was that I loved what I did. You've got to find what you love. And that is as true for your work as it is for your lovers. Your work is going to fill a large part of your life, and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven't found it yet, keep looking. Don't settle. As with all matters of the heart, you'll know when you find it. And, like any great relationship, it just gets better and better as the years roll on. So keep looking until you find it. Don't settle.

My third story is about death.

When I was 17, I read a quote that went something like: "If you live each day as if it was your last, someday you'll most certainly be right." It made an impression on me, and since then, for the past 33 years, I have looked in the mirror every morning and asked myself: "If today were the last day of my life, would I want to do what I am about to do today?" And whenever the answer has been "No" for too many days in a row, I know I need to change something.

Remembering that I'll be dead soon is the most important tool I've ever encountered to help me make the big choices in life. Because almost everything — all external expectations, all pride, all fear of embarrassment or failure - these things just fall away in the face of death, leaving only what is truly important. Remembering that you are going to die is the best way I know to avoid the trap of thinking you have something to lose. You are already naked. There is no reason not to follow your heart.

About a year ago I was diagnosed with cancer. I had a scan at 7:30 in the morning, and it clearly showed a tumor on my pancreas. I didn't even know what a pancreas was. The doctors told me this was almost certainly a type of cancer that is incurable, and that I should expect to live no longer than three to six months. My doctor advised me to go home and get my affairs in order, which is doctor's code for prepare to die. It means to try to tell your kids everything you thought you'd have the next 10 years to tell them in just a few months. It means to make sure everything is buttoned up so that it will be as easy as possible for your family. It means to say your goodbyes.

I lived with that diagnosis all day. Later that evening I had a biopsy, where they stuck an endoscope down my throat, through my stomach and into my intestines, put a needle into my pancreas and got a few cells from the tumor. I was sedated, but my wife, who was there, told me that when they viewed the cells under a microscope the doctors started crying because it turned out to be a very rare form of pancreatic cancer that is curable with surgery. I had the surgery and I'm fine now.

This was the closest I've been to facing death, and I hope it's the closest I get for a few more decades. Having lived through it, I can now say this to you with a bit more certainty than when death was a useful but purely intellectual concept:

No one wants to die. Even people who want to go to heaven don't want to die to get there. And yet death is the destination we all share. No one has ever escaped it. And that is as it should be, because Death is very likely the single best invention of Life. It is Life's change agent. It clears out the old to make way for the new. Right now the new is you, but someday not too long from now, you will gradually become the old and be cleared away. Sorry to be so dramatic, but it is quite true.

Your time is limited, so don't waste it living someone else's life. Don't be trapped by dogma — which is living with the results of other people's thinking. Don't let the noise of others' opinions drown out your own inner voice. And most important, have the courage to follow your heart and intuition. They somehow already know what you truly want to become. Everything else is secondary.

When I was young, there was an amazing publication called The Whole Earth Catalog, which was one of the bibles of my generation. It was created by a fellow named Stewart Brand not far from here in Menlo Park, and he brought it to life with his poetic touch. This was in the late 1960's, before personal computers and desktop publishing, so it was all made with typewriters, scissors, and polaroid cameras. It was sort of like Google in paperback form, 35 years before Google came along: it was idealistic, and overflowing with neat tools and great notions.

Stewart and his team put out several issues of The Whole Earth Catalog, and then when it had run its course, they put out a final issue. It was the mid-1970s, and I was your age. On the back cover of their final issue was a photograph of an early morning country road, the kind you might find yourself hitchhiking on if you were so adventurous. Beneath it were the words: "Stay Hungry. Stay Foolish." It was their farewell message as they signed off. Stay Hungry. Stay Foolish. And I have always wished that for myself. And now, as you graduate to begin anew, I wish that for you.

Stay Hungry. Stay Foolish.

Thank you all very much.

translate:

PIDATO STEVE JOBS DI STANFORD UNIVERSITY

Saya merasa bangga di tengah-tengah Anda sekarang, yang akan segera lulus dari salah satu universitas terbaik di dunia. Saya tidak pernah selesai kuliah. Sejujurnya, baru saat inilah saya merasakan suasana wisuda. Hari ini saya akan menyampaikan tiga cerita pengalaman hidup saya. Ya, tidak perlu banyak. Cukup tiga.Cerita Pertama: Menghubungkan Titik-Titik

Saya drop out (DO) dari Reed College setelah semester pertama, namun saya tetap berkutat di situ sampai 18 bulan kemudian, sebelum betul-betul putus kuliah. Mengapa saya DO? Kisahnya dimulai sebelum saya lahir. Ibu kandung saya adalah mahasiswi belia yang hamil karena “kecelakaan” dan memberikan saya kepada seseorang untuk diadopsi.

Dia bertekad bahwa saya harus diadopsi oleh keluarga sarjana, maka saya pun diperjanjikan untuk dipungut anak semenjak lahir oleh seorang pengacara dan istrinya. Sialnya, begitu saya lahir, tiba-tiba mereka berubah pikiran bayi perempuan karena ingin. Maka orang tua saya sekarang, yang ada di daftar urut berikutnya, mendapatkan telepon larut malam dari seseorang: “kami punya bayi laki-laki yang batal dipungut; apakah Anda berminat? Mereka menjawab:“Tentu saja.” Ibu kandung saya lalu mengetahui bahwa ibu angkat saya tidak pernah lulus kuliah dan ayah angkat saya bahkan tidak tamat SMA. Dia menolak menandatangani perjanjian adopsi. Sikapnya baru melunak beberapa bulan kemudian, setelah orang tua saya berjanji akan menyekolahkan saya sampai perguruan tinggi.

Dan, 17 tahun kemudian saya betul-betul kuliah. Namun, dengan naifnya saya memilih universitas yang hampir sama mahalnya dengan Stanford, sehingga seluruh tabungan orang tua saya yang hanya pegawai rendah habis untuk biaya kuliah. Setelah enam bulan, saya tidak melihat manfaatnya. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan dalam hidup saya dan bagaimana kuliah akan membantu saya menemukannya. Saya sudah menghabiskan seluruh tabungan yang dikumpulkan orang tua saya seumur hidup mereka. Maka, saya pun memutuskan berhenti kuliah, yakin bahwa itu yang terbaik. Saat itu rasanya menakutkan, namun sekarang saya menganggapnya sebagai keputusan terbaik yang pernah saya ambil.

Begitu DO, saya langsung berhenti mengambil kelas wajib yang tidak saya minati dan mulai mengikuti perkuliahan yang saya sukai. Masa-masa itu tidak selalu menyenangkan. Saya tidak punya kamar kos sehingga nebeng tidur di lantai kamar teman-teman saya. Saya mengembalikan botol Coca-Cola agar dapat pengembalian 5 sen untuk membeli makanan. Saya berjalan 7 mil melintasi kota setiap Minggu malam untuk mendapat makanan enak di biara Hare Krishna. Saya menikmatinya. Dan banyak yang saya temui saat itu karena mengikuti rasa ingin tahu dan intuisi, ternyata kemudian sangat berharga. Saya beri Anda satu contoh:

Reed College mungkin waktu itu adalah yang terbaik di AS dalam hal kaligrafi. Di seluruh penjuru kampus, setiap poster, label, dan petunjuk ditulis tangan dengan sangat indahnya. Karena sudah DO, saya tidak harus mengikuti perkuliahan normal. Saya memutuskan mengikuti kelas kaligrafi guna mempelajarinya. Saya belajar jenis-jenis huruf serif dan san serif, membuat variasi spasi antar kombinasi kata dan kiat membuat tipografi yang hebat. Semua itu merupakan kombinasi cita rasa keindahan, sejarah dan seni yang tidak dapat ditangkap melalui sains. Sangat menakjubkan.

Saat itu sama sekali tidak terlihat manfaat kaligrafi bagi kehidupan saya. Namun sepuluh tahun kemudian, ketika kami mendisain komputer Macintosh yang pertama, ilmu itu sangat bermanfaat. Mac adalah komputer pertama yang bertipografi cantik. Seandainya saya tidak DO dan mengambil kelas kaligrafi, Mac tidak akan memiliki sedemikian banyak huruf yang beragam bentuk dan proporsinya. Dan karena Windows menjiplak Mac, maka tidak ada PC yang seperti itu. Sekali lagi, Andaikata saya tidak DO, saya tidak berkesempatan mengambil kelas kaligrafi, dan PC tidak memiliki tipografi yang indah. Tentu saja, tidak mungkin merangkai cerita seperti itu sewaktu saya masih kuliah. Namun, sepuluh tahun kemudian segala sesuatunya menjadi gamblang. Sekali lagi, Anda tidak akan dapat merangkai titik dengan melihat ke depan; Anda hanya bisa melakukannya dengan merenung ke belakang. Jadi, Anda harus percaya bahwa titik-titik Anda bagaimana pun akan terangkai di masa mendatang. Anda harus percaya dengan intuisi,takdir, jalan hidup, karma Anda, atau istilah apa pun lainnya. Pendekatan ini efektif dan membuat banyak perbedaan dalam kehidupan saya.

Cerita Kedua Saya: Cinta dan Kehilangan.

Saya beruntung karena tahu apa yang saya sukai sejak masih muda. Woz (Steve Wozniak) dan saya mengawali Apple di garasi orang tua saya ketika saya berumur 20 tahun. Kami bekerja keras dan dalam 10 tahun Apple berkembang dari hanya kami berdua menjadi perusahaan 2 milyar dolar dengan 4000 karyawan. Kami baru meluncurkan produk terbaik kami-Macintosh- satu tahun sebelumnya, dan saya baru menginjak usia 30. Dan saya dipecat. Loh,, bagaimana mungkin Anda dipecat oleh perusahaan yang Anda dirikan? tapi memang itulah yang terjadi. Seiring pertumbuhan Apple, kami merekrut orang yang saya pikir sangat berkompeten untuk menjalankan perusahaan bersama saya. Dalam satu tahun pertama,semua berjalan lancar. Namun, kemudian muncul perbedaan dalam visi kami mengenai masa depan dan kami sulit disatukan. Komisaris ternyata berpihak padanya. Demikianlah, di usia 30 saya tertendang. Bisa anda bayangkan kerja keras bertahun-tahun membangun kerajaan berakhir dengan anda berada di depan gerbangnya.

Beritanya ada di mana-mana. Apa yang menjadi fokus sepanjang masa dewasa saya, tiba-tiba sirna. Sungguh menyakitkan. Dalam beberapa bulan kemudian, saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Saya merasa telah mengecewakan banyak wirausahawan generasi sebelumnya -saya gagal mengambil kesempatan. Saya bertemu dengan David Packard dan Bob Noyce dan meminta maaf atas keterpurukan saya. Saya menjadi tokoh publik yang gagal, dan bahkan berpikir untuk lari dari Silicon Valley. Namun, sedikit demi sedikit semangat timbul kembali- saya masih menyukai pekerjaan saya. Apa yang terjadi di Apple sedikit pun tidak mengubah saya. Saya telah ditolak, namun saya tetap cinta. Maka, saya putuskan untuk mulai lagi dari awal. Waktu itu saya tidak melihatnya, namun belakangan baru saya sadari bahwa dipecat dari Apple adalah kejadian terbaik yang menimpa saya. Beban berat sebagai orang sukses tergantikan oleh keleluasaan sebagai pemula, segala sesuatunya lebih tidak jelas. Hal itu mengantarkan saya pada periode paling kreatif dalam hidup saya.

Dalam lima tahun berikutnya, saya mendirikan perusahaan bernama NeXT, lalu Pixar, dan jatuh cinta dengan wanita istimewa yang kemudian menjadi istri saya. Pixar bertumbuh menjadi perusahaan yang menciptakan film animasi komputer pertama, Toy Story, dan sekarang merupakan studio animasi paling sukses di dunia. Melalui rangkaian peristiwa yang menakjubkan, Apple membeli NeXT, dan saya kembali lagi ke Apple, dan teknologi yang kami kembangkan di NeXT menjadi jantung bagi kebangkitan kembali Apple. Dan, Laurene dan saya memiliki keluarga yang luar biasa. Saya yakin takdir di atas tidak terjadi bila saya tidak dipecat dari Apple. Obatnya memang pahit, namun sebagai pasien saya memerlukannya. Kadangkala kehidupan menimpuk batu ke kepala Anda. Jangan kehilangan kepercayaan. Saya yakin bahwa satu-satunya yang membuat saya terus berusaha adalah karena saya menyukai apa yang saya lakukan. Anda harus menemukan apa yang Anda sukai. Itu berlaku baik untuk pekerjaan maupun asangan hidup Anda. Pekerjaan Anda akan menghabiskan sebagian besar hidup Anda, dan kepuasan sejati hanya dapat diraih dengan mengerjakan sesuatu yang hebat. Dan Anda hanya bisa hebat bila mengerjakan apa yang Anda sukai. Bila Anda belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan menyerah. Hati Anda akan mengatakan bila Anda telah menemukannya. Sebagaimana halnya dengan hubungan hebat lainnya, semakin lama-semakin mesra Anda dengannya. Jadi, teruslah mencari sampai ketemu. Jangan berhenti.

Cerita Ketiga Saya: Kematian

Ketika saya berumur 17, saya membaca ungkapan yang kurang lebih berbunyi: “Bila kamu menjalani hidup seolah-olah hari itu adalah hari terakhirmu, maka suatu hari kamu akan benar.” Ungkapan itu membekas dalam diri saya, dan semenjak saat itu, selama 33 tahun terakhir, saya selalu melihat ke cermin setiap pagi dan bertanya kepada diri sendiri: “Bila ini adalah hari terakhir saya, apakah saya tetap melakukan apa yang akan saya lakukan hari ini?” Bila jawabannya selalu “tidak” dalam beberapa hari berturut-turut, saya tahu saya harus berubah. Mengingat bahwa saya akan segera mati adalah kiat penting yang saya temukan untuk membantu membuat keputusan besar. Karena hampir segala sesuatu-semua harapan eksternal, kebanggaan, takut malu atau gagal-tidak lagi bermanfaat saat menghadapi kematian. Hanya yang hakiki yang tetap ada. Mengingat kematian adalah cara terbaik yang saya tahu untuk menghindari jebakan berpikir bahwa Anda akan kehilangan sesuatu. Anda tidak memiliki apa-apa. Sama sekali tidak ada alasan untuk tidak mengikuti kata hati Anda.

Sekitar setahun yang lalu saya didiagnosis mengidap kanker. Saya menjalani scan pukul 7:30 pagi dan hasilnya jelas menunjukkan saya memiliki tumor pankreas. Saya bahkan tidak tahu apa itu pankreas. Para dokter mengatakan kepada saya bahwa hampir pasti jenisnya adalah yang tidak dapat diobati. Harapan hidup saya tidak lebih dari 3-6 bulan. Dokter menyarankan saya pulang ke rumah dan membereskan segala sesuatunya, yang merupakan sinyal dokter agar saya bersiap mati. Artinya, Anda harus menyampaikan kepada anak Anda dalam beberapa menit segala hal yang Anda rencanakan dalam sepuluh tahun mendatang. Artinya, memastikan bahwa segalanya diatur agar mudah bagi keluarga Anda. Artinya, Anda harus mengucapkan selamat tinggal. Sepanjang hari itu saya menjalani hidup berdasarkan diagnosis tersebut. Malam harinya, mereka memasukkan endoskopi ke tenggorokan, lalu ke perut dan lambung, memasukkan jarum ke pankreas saya dan mengambil beberapa sel tumor. Saya dibius, namun istri saya, yang ada di sana, mengatakan bahwa ketika melihat selnya di bawah mikroskop, para dokter menangis mengetahui bahwa jenisnya adalah kanker pankreas yang sangat jarang, namun bisa diatasi dengan operasi. Saya dioperasi dan sehat sampai sekarang. Itu adalah rekor terdekat saya dengan kematian dan berharap terus begitu hingga beberapa dekade lagi.

Setelah melalui pengalaman tersebut, sekarang saya bisa katakan dengan yakin kepada Anda bahwa menurut konsep pikiran, kematian adalah hal yang berguna: Tidak ada orang yang ingin mati. Bahkan orang yang ingin masuk surga pun tidak ingin mati dulu untuk mencapainya. Namun, kematian pasti menghampiri kita. Tidak ada yang bisa mengelak. Dan, memang harus demikian, karena kematian adalah buah terbaik dari kehidupan. Kematian membuat hidup berputar. Dengannya maka yang tua menyingkir untuk digantikan yang muda. Maaf bila terlalu dramatis menyampaikannya, namun memang begitu.

Waktu Anda terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain. Jangan terperangkap dengan dogma-yaitu hidup bersandar pada hasil pemikiran orang lain. Jangan biarkan omongan orang menulikan Anda sehingga tidak mendengar kata hati Anda. Dan yang terpenting, miliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi Anda, maka Anda pun akan sampai pada apa yang Anda inginkan. Semua hal lainnya hanya nomor dua.

Ketika saya masih muda, ada satu penerbitan hebat yang bernama “The Whole Earth Catalog“, yang menjadi salah satu buku pintar generasi saya. Buku itu diciptakan oleh seorang bernama Stewart Brand yang tinggal tidak jauh dari sini di Menlo Park, dan dia membuatnya sedemikian menarik dengan sentuhan puitisnya. Waktu itu akhir 1960-an, sebelum era komputer dan desktop publishing, jadi semuanya dibuat dengan mesin tik, gunting, dan kamera polaroid. Mungkin seperti Google dalam bentuk kertas, 35 tahun sebelum kelahiran Google: isinya padat dengan tips-tips ideal dan ungkapan-ungkapan hebat. Stewart dan timnya sempat menerbitkan beberapa edisi “The Whole Earth Catalog”, dan ketika mencapai titik ajalnya, mereka membuat edisi terakhir. Saat itu pertengahan 1970-an dan saya masih seusia Anda. Di sampul belakang edisi terakhir itu ada satu foto jalan pedesaan di pagi hari, jenis yang mungkin Anda lalui jika suka bertualang.

Di bawahnya ada kata-kata: “Stay Hungry. Stay Foolish.” Itulah pesan perpisahan yang dibubuhi tanda tangan mereka. Stay Hungry. Stay Foolish. Saya selalu mengharapkan diri saya begitu. Dan sekarang, karena Anda akan lulus untuk memulai kehidupan baru, saya harapkan Anda juga begitu. Always Stay Hungry. Stay Foolish.

Terima Kasih.

Sumber Bahasa Inggris: www.stanford.edu

Somber Bahasa Indonesia: www.kaskus.us


Kaum Badui Arab

“Menurut Khalifah Umar Bin Khattab, orang-orang Badui lah yang melengkapi  Islam dengan bahan-bahan yang kasar”. Kaum Badui A...